Contoh Pidato Singkat Tentang Isra Mi'raj

Contoh Pidato Singkat Tentang Isra Mi'raj di bulan rajab atau biasa kita kenal dengan bahasa rajaban. yang biasanya kaum muslimin memperingatinya pada tanggal 27 rajab. untuk lebih jelasnya simak aja langsung tepat di bawah ini:



السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

الحمد لله الذي اسرى بعبده ليلا من المسجد الحرام الى المسجد الاقصى والصلاة والسلام على سيدالمرسلين وعلى اله وصحبه المصطفى اما بعد فيا ايها الحاضرون اوصيكم واياي بتقوى الله لعلكم تتقون اعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم سبحا ن الذى اسرى بعبده ليلا من المسجد الحرام الى المسجد الاقصى الا يه

Segala puji hak mutlak milik ALLAH SWT semata yang dengan karunianya kita di berikan penerangan cahaya keimanan di dalam hati untuk membedah semua ilmu yang terlihat ataupun yang tidak terlihat secara kasat mata seperti ilmu di dunia nyata ataupun di dunia maya itu semua akan terlihat jelas dan nyata kalau di sertai dengan kehendak oleh ALLAH SWT.

Shalawat dan Salam semoga terlimpah curahkan kepada nabi MUHAMMAD SAW yang menjadi suri tauladan di setiap aspek kehidupan bagi umatnya.

tatkala kita ingin di akui umatnya maka tiada salahnya kita mengingat kembali salah satu kejadian yang sangat istimewa dan satu satunya hamba ALLAH SWT yang mengalaminya yaitu Isra dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

Jamaah yang di rahmati ALLAH SWT disini saya akan menguraikan secara singkat history perjalanan Isra Mi;raj yang sangat penting bagi kita semua karena dengan adanya peristiwa ini banyak sekali pelajaran yang dapat di jadikan barometer dan acuan bagi kehidupan bahwa tidak ada yang tak mungkin di pandangan ALLAH SWT.

Arti dari Isra dan Mi'raj yaitu penggabungan dua kata yang mempunyai arti di berjalankan dan di angkat kelangit seorang hamba termulya yaitu Nabi Muhammad SAW oleh ALLH SWT sebagai bentuk kecintaan Allah terhadap Nabi dalam waktu yang sangat singkat kurang lebih hanya seperempat malam saja.

Coba kita bayangkan secara logika perjalanan Isra Nabi Muhammad SAW dari masjid Haram yang ada di kota Makah ke masjid Aqsa yang ada di palestina yang berjarak beribu-ribu KM di tambah dengan perjalanan Mi'raj yaitu di angkatnya nabi dari bumi tepatnya dari masjid Aqsa ke langit ke tujuh sampai sidrotulmuntaha hanya di tempuh beberapa jam saja. kalau di pikir secara logika yaitu tidak mungkin semua itu bisa terjadi, namun kalau dipandang secara keimanan maka itu mungkin saja terjadi karena cara mandangnya dengan cahaya keimanan di dalam hati yang begitu replek dan cepat menerimanya seperti cepatnya cahaya matahari menembus permukaan bumi.

Begitu pula dengan kejadian Isra Mi'raj yang tidak lepas dengan sebuah cahaya atau lebih tepatnya ada empat sumber cahaya yang menyebabkan kejadian itu sangat singkat dan cepat.berikut empat sumber cahaya tersebut:
  1. Adanya ALLAH SWT dzat yang memiliki cahaya
  2. Adanya malaikat yang di ciptakan dari cahaya
  3. Adanya Nabi Muhammad yang wajahnya bagaikan cahaya
  4. Adanya Buraq yaitu kendaraan yang di pakai oleh nabi Muhammad SAW pada waku Isra Mi'raj yang pada jidatnya di tulis nama Muhammad yang mengandung cahaya ke Nabian.

Namun yang lebih penting bagi kita semua selaku umatnya adalah membenarkan dan mengimankan bahwa peristiwa Isra Mi'raj yang di alami oleh Nabi Muhammad SAW itu benar adanya dan sudah menjadi suatu kepastian dari Allah SWT bagi hambanya. Jika Allah sudah berkehendak siapapun tidak bisa menolak

Demikian yang bisa saya sampaikan meskipun sangat singkat namun udah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua. Ditutup dengan Do'a

 ربنا اتنا فى الد نيا حسنة و فى الاخرة حسنة و قنا عذاب النا ر

والسلام عليكم و رحمة الله وبركاته

Itulah di atas sebuah contoh pidato Isra Mi'raj yang bisa di jadikan referensi untuk kawan semuanya dalam pembuatan naskah pidato, semoga bermanfaat sekian dan terimakasih Wassalam (Ikatan Muda-Mudi Al-Munawwar)